Halaman

Selasa, 08 Mei 2012

Lacto - B VS L - Bio

Lacto - B VS L - Bio, sebenarnya sama - sama probiotik cuma menurut apoteker tempat aku beli Lacto - B lebih dulu hadir Lacto - B baru disusul L - Bio, kalo segi harga lebih hemat yang Lacto-B. Tahu dua Probiotik ini pas bulan Desember tahun lalu, saat Bisma sakit diare, diagnosa dokter sakitnya sudah diare akut. Gejalanya muntah dan diare, muntahnya tiap habis minum susu. Muntah mulai dari malam, baru pagi harinya ku bawa ke bidan dekat rumah sampai sore hari tak ada perubahan. Akhirnya ku bawa ke dokter di RSI Siti Hajar di Sidoarjo, disini disarankan dokter untuk mengencarkan dahulu susu yang diminumnya plus minum obat muntah serta diberi L- Bio 2xsachet/hari. Ini dia penampakan  L-Bio.
KANDUNGAN
Lactobacillus acidophilus,Lactobacillus casei,Lactobacillus salivarius,Bifidobacterium infantis,Bifidobacterium lactis,Bifidobacterium longum,Lactococcus lactis
INDIKASI
Melindungi sistem pencernaan pada orang dewasa & anak-anak. Membantu menormalkan fungsi GI, menjaga flora normal usus & membantu fungsi fermentasi di usus pada bayi.
DOSIS
Pada anak >= 12 tahun 3 schet sehari. Untuk anak >= 2 tahun 2-3 sachet sehari
PENYAJIAN
Dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau tidak

Karena sampai malam Bisma tetap muntah, ya dengan perasaan was - was, cemas campur aduk nggak tega Bisma harus dibawa ke RSI Mawardi di Krian untuk opname, kalo telat bisa fatal akibatnya. Diagnosa masih sama, tapi untuk terapi sistem pencernaannya, Bisma diberi Lacto - B, 3xsachet/hari disertai dengan obat diare dan muntah, seperti ini  bentuk Lacto - B :
KANDUNGAN
Komposisi Per Sachet mengandung : Energi 3,4 Kalori, Karbohidrat 0,6 gram, Protein 0,02 gram, Lemak total 0,1 gram, Vitamin C 10 mg, Vitamin B1 0,5 mg, Vitamin B2 0,5 mg, Vitamin B6 0,5 mg, Niacin 2 mg.
 INDIKASI

  •  


  • Lactic Acid Bacterial menghasilkan asam organik yang menghambat bakteri merugikan, sehingga dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan flora usus pada diare.
  • Lactobacilli menghasilkan enzim β-Galaktosidase, untuk menghidrolisa laktosa menjadi glukosa dan galaktosa.
  • Lacto-B dapat mengurangi lactose intolerance (diare akibat mengkonsumsi susu formula yang mengandung laktosa).
  • Vitamin B dapat membantu keseimbangan flora usus.
  • DOSIS
    - Dibawah 1 tahun : 2 sachet per hari.
    - Usia 1 sampai 6 tahun : 3 sachet per hari.
    - Dapat diberikan langsung (rasa enak) atau dicampur dengan susu, makanan bayi atau air.
  •  PENYAJIAN
    Dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau tidak
  • Tiga hari di RS, akhirnya diizinkan pulang dengan catatan harus menjaga pola makan, sampai sudah sembuh pun Lacto - B ini tetap saya berikan untuk perbaikan sistem pencernaannya. Awal bulan ini Bisma mengalami gejala yang sama, berbekal dari pengalaman yang dulu. Antisipasi pertama, saya beri obat muntah dan oralit tiap habis buang besar. Lacto - B juga saya berikan dicampur dengan susu, alhamdulillah 2 hari sudah baikan. Lacto - B ini bukan obat diare, namun probiotik untuk menghambat bakteri merugikan yang ada di usus saat diare. Sekarang anak masih terapi lacto -b untuk kesehatan pencernaan (bukan promosi lho...begitu sih yang kubaca).

    45 komentar:

    1. Artikel yang sangat bagus, terimakasih sudah sharing, putra saya, Akhdan, juga sudah sering punya pengalaman dengan diare, alhamdulillah diberi L-Bio diarenya berhenti. Mungkin Lacto-B sama jg dgn L-bio ya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Klo anak 2 bulan bisa bu? Soalnya anak saya diare dan diksh l-bio dan diksh rssepnya 1 x 1 hari

        Hapus
      2. Permisi ikut nimbrung ya...

        Kalau masih di bawah 2 bulan, alangkah bagusnya penggunaan L-Bionya hanya sebatas sampai gejalanya berakhir.

        Apabila sudah sembuh diarenya, lanjutkan lagi ASInya (eksklusif) sampai dengan usia 6 bulan.

        Semoga bermanfaat,
        dr. Sutanto Tanaka

        Hapus
      3. Dokt.. Kalo lbio diminumnya dicampur susu formula boleh ndak?

        Hapus
      4. Dok..anak sy 1 bln 7 hri dia suka gumoh hidung dan mulut,diksh interlac tp kosong jd diberikn l bio..mmng l bio obt gumoh dok?.trus tnya lg knp ya anakku pertmbhnx lambat

        Hapus
    2. Insyaallah sama Bunda Akhdan, kalo anak saya pakai yang Lacto-B.Pernah juga pakai L-Bio, tapi kalo diare saya lebih sering memberinya Lacto-B.

      BalasHapus
    3. untuk harga lacto -b brp ya? saat ini anak saya lagi kena diare
      trims..

      BalasHapus
    4. Pengalaman yang dapat dijadikan pelajaran bagi yang lain..
      Kebetulan sy sedang diare dan diber L-Bio oleh dokter, lupa nanya sama dokter apa boleh diminum kalau perut kosong?

      ---
      Font-nya agak menyulitkan pembacaa, kalau bisa ganti aj:)
      kunjungi blog saya juga di www.bilikbiologi.blogspot.com

      BalasHapus
    5. Salam Bunda2 dan ayah2.. anak sy muntah2 tp tidak BAB hanya sekali tetapi tdk keras krn msh mkn cerelac ttpi sm dokter di ksh lacto B jadi diare.. dokternya sembrono atau gmn ya.. jd bhn pljrn dan info aja klo lacto b tdk di berikan pd yg diare berakibat anak jd diare.. diare sprti air encer bgt.. trims...

      BalasHapus
    6. fontya indah untuk dilihat tapi susah untuk dibaca.. thanks utk infonya :)

      BalasHapus
    7. Bunda,... anakku baru umur 2 minggu
      2 hari ini dy gbs BAB trus disuruh bidan sebelah rumah minum Lacto-B tapi gak bilang dosisnya brapa...
      kalo pengalaman bunda dikasi brapa kali sehari???

      BalasHapus
    8. Sekedar sharing: untuk gbs BAB, boleh dicoba juga INTERLAC Oral Drop (L.reuteri), isinya juga probiotik, adapun kelebihan dari produk ini adalah 1. bentuk sedianya cocok untuk bayi karena bentuknya tetes, dosisnya cukup 5 tetes 1 hari/1x pemberian. 2. Menurut informasi produk ini didukung literatur ilmiah.
      Karena sediaanya adalah tetes, jadi dijual dalam bentuk 1 botol (cukup utk 25 hari).
      Utk kasus gbs BAB: Dosis anjuran 5 tetes/hari 1x pemberian.

      BalasHapus
    9. Menurut sy lbh bagus L-bio cz kandungan lactobacilus nya sangat lah lengkap drpd laco B yg hanya ada 3 lactobacilus. Jd kinerja L-Bio sangat bagus utk flora pencernaan kita

      BalasHapus
    10. lbio bs dicampurkan ke makanan seperti bubur, sayur, dan juga susu sebagai alternatif pemberian obat kepada si kecil bila ia tidak suka jika dikonsumsi langsung dari sachet.

      BalasHapus
    11. thanks infonya.

      klo untuk muntah nya dikasih apa ya bunda?


      cz baby saya juga pake l-bio dr dokternya pas pernah diare.. cuma untuk yg muntah saya lupa bund.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Permisi ikut nimbrung ya,

        Untuk muntah, boleh dicoba obat yang isinya domperidone. Tapi pastikan muntahnya bukan setelah batuk ya.

        Semoga bermanfaat,
        dr. Sutanto Tanaka

        Hapus
      2. mau nanya dok...jika muntah setelah batuh tetapi dikasih obat lacto b, gmn ya dok?

        Hapus
    12. Anak saya tepat usia 1bln, kl mau bab suka susah kentut dan bab, kesakitan skali. Tp setelah BAB, kotorannya tidak keras bahkan normal seperti bubur dan sprti ada biji2annya (krn masih konsumsi full asi). Yg anak saya alami ini apakah trmasuk susah bab dan perlu d beri lacto B atau sekedar masuk angin atau kembung? Untuk catatan anak saya merasakan sakitnya sampai berjam2, jd nangis kenceng kejer sampai badan kaku semua mgkn saking sakitnya tp gas kentut atau pun pup nya sama skali g da yang keluar. Setelah bbrp jam br deh keluar. Saya melihTnya ga tega. Mohon solusi nya trmksh

      BalasHapus
      Balasan
      1. Anak saya pernah seperti itu bu, tp akhirnya saya bawa ke dokter alergi anak.. karna ternyata dia pencernaannya sensitif, nnti ibu dikasih tau makanan apa aja yg oleh ibu konsumsi karna masi full asi, dan dikasih lbio juga dminum sehari sekali.. saya ke dojter widodo judarwanto waktu itu..

        Hapus
      2. Anak saya pernah seperti itu bu, tp akhirnya saya bawa ke dokter alergi anak.. karna ternyata dia pencernaannya sensitif, nnti ibu dikasih tau makanan apa aja yg oleh ibu konsumsi karna masi full asi, dan dikasih lbio juga dminum sehari sekali.. saya ke dojter widodo judarwanto waktu itu..

        Hapus
    13. Mba nadia anakny lancar bab nyaa setelah brapa hari dari dokter widodo? Saya juga berobat kesitu kasusnya sama anak susah bab, baby ku umur 3bulan

      BalasHapus
    14. Ko sama ya... ngeden" sampe nangis tp pupnya ga keras dan lama ga langsung selesai kadang tidur dulu, trus mau d brsihin lagi keluar lgi kerja 2 sampe 3x. Brobat dbksih resep l bio 1x1 d beri setngh" pagi sore. Bayi saya umur 1 bulan.saya baca artikel tetang pup bayi memang seperti itu masih normal. Kecuali sudah ada tanda yg lebih dr itu misal pup nya berdarah. itu harus langsung bawa k doktr.

      BalasHapus
    15. Permisiiiiii .. anak saya baru saja brusia 1bln . Asi eksklusif . Tiap bab selalu mengerang dan mengejan . Mukanya smpe merah . Fesesnya cair dan ada bulir2 berwarna putih . Saya pernah baca katanya kalo seperti itu bayinya sdg konstipasi . Jadi saya beri l bio yg dicampur asi , apakah bisa ?? Mohon infonya

      BalasHapus
    16. permisi mau tanya, memangnya indikator diare itu seperti apa ya?kalau bayi berusia 2 bulan bab nya sekitar 7x/hari apakah itu termasuk diare?sudah dibawa ke dokter dan konsumsi l-bio juga, tapi masih sama?tadinya sih bisa sampai 10x lebih perhari dan sekarang sampai 7x/hari.sudah 3 minggu konsumsi l-bio,apakah aman untuk bayi?

      BalasHapus
    17. Met pagi semua.. Ikut tanya... Kalo dari semua yg bunda bunda keluhkn kan gak bisa bab ya.. Dalam artian pingin bab.. Tp gak bisa, Tp klo anak saya ini malahan gak bab.. Bab ki piye rek.. Usia 16 bln untuk asi nya masih full asi ibunya. Bukan formula. Kalo sudah 4 hari ya terpaksa saya Microlak biar mau bab... Pernah priksain ke rs spesialis ya jawaban e gtu gtu aja. Mohon solusinya tks

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama bun, anak saya jg gtu...
        Tiap BAB pasti nangis dan gak kluar, sampai saya kasih mikrolak,kalau gk pkek mikrolak gk keluar BAB nya

        Hapus
      2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

        Hapus
    18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    19. Anak saya umur 2 bulan bab nya cair kadang ada butir butir nya kadang gak ada cuma cairan aja tp bab ny 1 hari kadang 1x atau 2x apa itu termasuk diare,, apa bs di kasih lacto b atau l bio brp dosis utk anak usia 2 bulan..??

      BalasHapus
    20. Haloo bunda, bantu saya dong, anak saya umur 6 bulan lebih, diare 5 hari 3x berturut turut, uda say kasi kaolin pektin gg ada perubahan��.

      BalasHapus
    21. Coba deh diindonesia udah tersedia produk satu satunya didunia untu mengobati pencernaan anak, terutama diare anak, penyebabnya virus dan bakteri serta racun bisa diobati dengan produk ini namanya DiaResQ rekayasa imunoglobulin bs meredakan diare anak 24 jam sembuh dan produk paling aman, cuma ga boleh diberikan sama anak yang alergi susu sama telur

      BalasHapus
    22. Anak saya 3.5 tahun dibilang diare tp sehari hanya 1-2 kali, tapi pup nya encer, ga bisa padat, sudah dua bulan ini, ke dokter SDH 6 kali ga ada perubahan. Yg dibilang alergi susu,infeksi perncernaan,dll. Dari protexin,interlac sampai lacto b. Ga ada perubahan. Pernah pup bagus sehari aja. Prebiotik nya abis, ya pup nya encer lagi. Anak aktif,makan juga doyan. Susu juga SDH ganti soya. Kira kira ada apa ya dengan anak saya, atau ada yang punya kasus sama dengan anak saya. KLO konsumsi lacto b diperbolehkan sampai maksimal berapa lama ya

      BalasHapus
    23. Hallo dok...anak saya umur 1,5bln.minum susu pormula setiap minum susu terus pups .berapa dosis l bio yg saya beri.

      BalasHapus
    24. Anak saya umur 7blan skrg.. Dan lg diare tp encer ga ada bentuknya kayak pekat2 kuning gitu di clana.. Kira2 obatnya apa ya yg aman??

      BalasHapus
    25. Kalau anak 10 bulan diare berpa pmakaian dosis Lbio.nya ?? Bantu saya

      BalasHapus
    26. Anak saya Umur 3,5 tahun . Dia opname karena tipes. Hari ke 2 drumah sakit anak saya bab banyak . Tapi setelah pulang ke rumah udah 4 hari gak bab. Dan gak sakit perut . Sama dokternya dikasi l-bio . Tapi masih gak bab udah 4 hari. Gimana solusinya ya ?

      BalasHapus
    27. Anak saya umur 7 bln.klo minum l bio brp kali sehari dan berapa dosisnya

      BalasHapus
    28. Sama anakku juga gak bab sejak mpasi bab nya jarang , udah di kasih buah2an juga masih tetep gak ngaruh. Sekarang lagi aku kasih lacto b

      BalasHapus