Laman

Selasa, 26 Juni 2012

review - trip to "KBS" (Part 4) & Pantai Kenjeran

Minggu, 17 Juni 2012 untuk kesekian kalinya ke Kebun Binatang Surabaya "KBS" bisa disebut jilid ke empat, karena memang sudah empat kali Bisma kesana. Namun kali ini diteruskan ke Pantai Kenjeran, awalnya aku dan suami tidak berencana ikut rombongan mertuaku, tapi karena tidak tega sama Bisma akhirnya ikut juga. Padahal hari sabtu, badan ini sudah panas menggigil dan Minggu malam akhirnya tepar dan dinyatakan dokter thypusku kambuh lagi :(.
Kebun Binatang Surabaya atau Surabaya Zoo (biasanya masyarakat surabaya menyebutnya "KBS") terletak tepatnya di Jl. Setail No. 1 Surabaya Pusat/Wonocolo, arah jalan yang mau ke Jl. Diponegoro atau Jl. Darmo. Lokasi KBS mudah diingat karena didepannya ada patung Suro & Boyo, salah satu ikon atau lambang kota Surabaya. Kebetulan aku sempat foto didepan patung ini :D (hehehe mumpung Bisma masih sama eyang utinya)
smile didepan patung suroboyo (part 4)

Kebun Binatang Surabaya ini buka setiap hari pukul 08.00 -17.00 WIB, tiket masuknya Rp. 15.000 untuk dewasa dan anak usia 3 tahun ketas. Kebetulan tiap kesana selalu hari minggu dan kesempatan keempat kalinya ini bertepatan dengan dimulainya masa liburan sekolah jadi suasananya begitu ramaiiiiiiiiiiiiii jadi harus antree didepan loket.Ada juga tiket dicalo beda Rp. 2000, tapi mending beli diloket resmi menghindari tiket palsu dan membudayakan antri :). Kalo tiket rombongan masuknya dipintu sebelah kiri, karena aku dan suami tidak termasuk ditiket rombongan jadi masuk dipintu sebelah kanan, ya pisah bentar ma Bisma.
Kebun Binatang Surabaya pertama kali dibuka untuk publik pada bulan April 1918. Bahkan di tahun 1970, kebun binatang ini sempat menjadi kebun binatang dengan koleksi paling lengkap di Asia Tenggara. Ada lebih dari 351 spesies dan lebih dari 2000 hewan hidup di kebun binatang ini. Salah satu diantaranya adalah termasuk spesies asli Indonesia dan yang terancam punah di dunia, baik Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.
Setiap kandang hewan dikelompokkan ke dalam kategori. Misalnya, unggas atau burung (Aves), di mana ada pelikan Australia, burung merak, jalak Bali, dan burung unta. Juga ada, harimau sumatera, singa, dan Komodo yang baru - baru ini masuk dalam 7 keajaiban dunia.
Tempat Favorit yang selalu dikunjungi Bisma saat ke KBS adalah tempat Gajah dan Onta, untuk Gajah yang bisa ditunggangi perorang dan usia 3 tahun ketas dikenakan biaya Rp. 10.000,-, sedangkan Onta Rp. 5000,-.
Bisma naik Onta sama ayah :) (Part 1)

karena Bisma nggak mau turun terpaksa naik lagi sama bunda :P (part 1)

foto kenangan bersama Jerapah karena saat kesempatan ketiga Bisma kesana, Jerapah ini sudah mati :(, padahal Jerapahnya tinggal satu. (part 1)

smile with Jirafe (part 1)

"white and Black daddy, Yes it is Zebra :D" (part 1)












"Burung kakak tua, hinggap dijendela, kakek sudah tua..Giginya tinggal dua,,Let dum..let dum..let dum syalalalalalalalalalala :p" (part 1)










Jam sudah menunjukkan 11.30 wib, waktunya ke Pantai Kenjeran. Bisma naik colt yang dimodifikasi jadi mobil wisata biasanya disebut "kukkuk kruyuk" kalo si Bisma menyebutnya "uyuk - uyuk" sedangkan aku dan suami naik sepeda motor. 
Tepat Pukul 12.30 wib aku dan rombongan sampai dipantai Kenjeran Lama. Tarif Pakir untuk sepeda Rp. 3000,-, seribu lebih mahal dibanding parkir di KBS. Sedangkan untuk tiket masuk di kenjeran lama Rp. 6000,- /orang dan anak diatas 3 tahun.
Sebenarnya tempatnya menarik dan indah sayang kebersihannya masih kurang terawat, jadi pemandangan air lautnya coklat dan banyak sampah. Kebetulan saat berada disana air sedang surut, jadi harus berjalan agak jauh untuk naik perahunya. Terpaksa kuputuskan untuk tidak naik perahu, walaupun Bisma merengek minta naik. Sebagai gantinya bolehlah main pasir ditepi pantainya (pasir hitam yang sedikit bercampur dengan sampah plastik :( sayang sekali kurang terawat pantai ini).

Bisma senang banget main pasir, karena sering kularang bila main pasir. Kesempatan nih buat bisma, mumpung boleh ya dek :p

main pasir terus

Kalo yang khas dari pantai ini apa ya???mungkin makan lontong kupang sama minum es kelapa muda (es degan bulat). harganya standart untuk Lontong kupang Rp. 6000,- /porsi, es kelapa muda Rp. 12.000,- / 1 kelapa bulat, sate kerang Rp. 12.000/24 tusuk. Kenyang habis makan (alhamdulillah) lanjut nyari bros yang terbuat dari kerang (sempat terbesit pengen beli beberapa lusin untuk dijual lagi tapi nggak jadi :D) sama kerupuk ikan & Gerinting (sejenis udang namun ukurannya kecil). Oleh - oleh yang dijual disini umumnya hasil laut seperti macam ikan asin mulai yang kecil sampai besar, ikan teri, gerinting, krupuk ikan, terung, petis dll. Semoga kapan bisa kesini lagi dan pengen juga berkunjung ditempat-tempat wisata yang ada disurabaya, seperti hutan mangrove, monkasel dll.
See you next time :)....

-Bunda-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar